MENGGANTI BAN MOBIL SENDIRI

  • Hal pertama yang perlu dilakukan saat ban tiba-tiba kempes atau bocor adalah menepikan kendaraan anda secara perlahan ke bagian jalan yang aman, cukup lapang dan memiliki permukaan yang keras untuk melakukan proses penggantian ban. Jangan secara mendadak menepi, perhatikan keberadaan kendaraan lain pula. Setelah itu, jangan lupa aktifkan rem tangan, nyalakan lampu hazard serta pasang segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil. Jika sedang berada di tanjakan atau turunan, maka gunakan kayu atau batu untuk mengganjal ban mobil.
  • Selanjutnya, siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kunci roda, dongkrak mobil dan tentu saja ban serep. Letakkan semua perlengkapan tersebut di bagian yang mudah terjangkau agar anda tidak perlu mondar-mandir.
  • Kemudian buka penutup lubang baut jika ada. Anda bisa mencungkil bagian ini dengan obeng. Lalu kendorkan baut mobil dengan menggunakan kunci roda. Untuk mengendurkan, putar baut berlawan dengan arah jarum jam. Saat mengendurkan, lakukan dengan cara bersebrangan antara baut yang satu dengan yang berikutnya. Cukup dikendurkan saja terlebih dahulu, jangan sampai lepas.
  • Pasang dongkrak mobil pada bagian dekat roda yang akan diganti dan memiliki struktur yang kokoh. Biasanya, panduan untuk meletakkan titik dongkrak ini terdapat di buku manual. Namun jika tidak, maka pilih bagian yang berada di dekat roda dan memiliki bagian cekungan atau titik tempat meletakkan dongkrak. Umumnya, setiap mobil memiliki titik dongkrak ini. Pastikan dongkrak sudah tegak lurus diantara tanah dan mobil, lalu gunakan dongkrak untuk mengangkat ban mobil hingga posisi yang anda anggap mudah untuk melepaskan ban. Jika saat mulai mengangkat dongkrak terlihat miring, maka turunkan dan ulangi dengan memperbaiki posisi dongkrak terlebih dahulu.
  • Setelah ban terangkat, maka buka baut ban hingga benar-benar terlepas semua. Simpan baut-baut ini karena bentuknya yang cenderung bundar dapat saja berakibat menggelinding di jalan raya dan hilang. Kemudian lepaskan ban dari tempatnya dan letakkan di tempat yang aman dalam posisi tidur. Jangan pernah meletakkan ban dalam posisi berdiri.
  • Ambil ban serep atau ban cadangan yang telah disiapkan, lalu pasang dengan posisi yang tepat. Anda mungkin perlu sedikit menggoyang-goyang saat memasukkan ban agar posisinya benar-benar tepat dan pas. Setelah benar-benar pas, pasang kembali baut-baut dengan cara bersebrangan antara yang satu dengan yang berikutnya. Jangan dikencangkan, cukup pasang pada posisinya saja hingga terasa cukup berat atau keras.
  • Turunkan dongkrak secara perlahan hingga ban menyentuh tanah secara utuh. Lepas dongkrak dari tempatnya. Lalu mulai kencangkan baut satu-persatu dengan pola bersilangan lagi dan pastikan baut tersebut benar-benar terpasang dengan kuat dan kencang. Jika anda merasa kurang yakin dan akan mengencangkan baut menggunakan kaki, pastikan kunci roda sudah terpasang dengan benar pada baut ban. Jika tidak, kunci akan terselip dan baut menjadi aus atau loss. Jadi cara ini memang kurang direkomendasikan!
  • Jika sudah, ambil kembali dongkrak, kunci roda, ban mobil anda dan perlengkapan lainnya lalu letakkan kembali ke dalam mobil. Selamat, anda sudah dapat melanjutkan perjalanan kembali. Jangan lupa untuk memperbaiki ban yang bocor tadi agar dapat digunakan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *